Memilih penyedia hosting di Indonesia memang
merupakan hal yang perlu dilakukan degan hati-hati karena menyangkut
kelangsungan hidup web anda. Apalagi
dengan banyaknya webhosting provider di
Indonesia saat ini. Hal tersebut membuat daftar pilihan anda semakin panjang.
Namun, dilain pihak, kita juga jadi memiliki keleluasaan untuk menentukan
pilihan atas penyedia layanan hosting yang kita inginkan.
Berikut tips memilih webhosting provider di
Indonesia:
1) Support penyedia layanan hosting
Support merupakan hal terpenting
dalam sebuah layanan webhosting terutama di Indonesia. Sebab, apabila support
susah dihubungi, respon lambat, dll akan menyulitkan klien bila sedang
menghadapi masalah. Hindari webhosting yang support hanya melalui HP saja,
sebab bisa jadi hanya 1 orang saja yang mengelola hosting. Kecuali hosting yang
bersangkutan menyediakan juga nomor telepon perusahaan/kantor. Cari penyedia
webhosting yang menyediakan akses support sebanyak mungkin spt: nomor telepon
kantor, layanan messenger (YM, Google Talk, dll dan jangan lupa perhatikan
kredibilitasnya dalam arti sering online atau tidak) dan yang lebih penting lgi
coba melakukan kontak dengan penyedia hosting tsb dan cek respon timenya.
2) Perhatikan jenis layanan yang diberikan
Hal ini sangat penting karena
umumnya service yang diberikan sangat bervariasi. Beberapa parameter pentung
dalam memilih service yang diberikan antara lain:
a) Support bahasa pemrograman (PHP, ASP, dll).b) Database yang disediakan ( MySQL, PostGRESQL, dll).c) Ketersediaan layanan e-mail.d) Ukuran space hardisk.e) Bandwidth.f) Parking domain.g) Sub domainh) Installer aplikasi (Fantastico atau Softaculous)
Jangan lupa
perhatikan batasan/limit service yang diberikan spt limit user database, limit
bandwidth, limit user e-mail, dll. Sebagai saran, hindari sebisa mungkin
penyedia hosting yang memberikan layanan unlimited karena akan menghabiskan
bandwidth dan resource server bagi
keseluruhan user.
3) Pilih webhosting Indonesia yang mempunyai lokasi k`ntor tetap dan
berbadan hukun tetap.
Kalau perlu, datang langsung ke
lokasi untuk mengetahui keberadaannya atau minimal, l`kukan kontak dengan
support dan tanyakan lokasi kantornya.
4) Lihat dan cek pengalaman perusahaan tsb dalam mengelola hosting.
Semakin berpangalaman sebuah perusahaan
penyedia jasa hosting, maka umumnya supportnya semakin baik. Namun hal ini juga
ada dampak negatifnya yaitu semakin laku sebuah jasa penyedia jasa hosting,
semakin banyak pula pengguna salam sebuah servernya dan akan berdampak pada
respon server. Mintalah pada penyedia server untuk meletakkan hosting di server
yang masih rendah traffiknya.
5) Cek spesifikasi server, stabilitas server, dan koneksi server yang
digunakan.
6) Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klien atau atas nama
webhosting yang bersangkutan.
Hal ini perlu untuk memberi
keleluasaan klien dalam memanage domainnya sendiri. Atau jika masih menggunakan
nama webhosting yang bersangkutan, maka pastikan mereka bersedia mengubah
menjadi nama anda. Serta lakukan pergantian username dan password secepatnya
setelah hosting anda siap.
7) Back up, back up, dan back up!
Hal ini perlu dilakukan untuk
memastikan bahwa data anda aman. Cek jadwal back up hosting anda dan jangan
lupa lakukan back up anda sendiri.
8) Program promo
Hal in juga penting. Dengan
adanya program promo bisa menghemat biaya. Namun perhatikan, sebaiknya jangan
mengambil penyedia layanan hosting yang sering melakukan promo. Jangan-jangan
harga aslinya memang kemahalan...
9) Pastikan bebas masalah!
10) Bandingkan paket yang disediakan.
Hal ini cukup menyebalkan
memang. Tapi, ini juga perlu dilakukan. Pertama, bandingkan space dan bandwidth
nya, dan kalau perlu konversi ke satuan yang sama, karena masing-m`sing layanan
hosting tersebut pasti memiliki paket yang berlainan. Setelah itu, bandingkan
servicenya.
11) Sesuaikan harga dengan budget yang anda miliki.
12) Pembayaran.
Pilih yang menyediakan
pembayaran melalui berbagai bank terutama bank besar spt Bank BCA dan Mandiri
serta kalau ada pelayanan online spt PayPal. Jangan lupa bahwa akan lebih baik
jika support juga bank yang anda miliki atau paling tidakpastikan mereka
memiliki prosedural untuk menerima pembayaran dari bak lain.
13) Lihat testimonial
Meski cenderung hanya menampilkan
testimoni yang positif, paling tidak dari testimonial anda bisa melihat
seberapa puas pelanggan hosting tsb.
Page loaded in: 0.16 seconds
Related Post:
Trik SEO
- Tips dan Trik Berjualan di Internet
- Kumpulan Blog/Website Dofollow Page Rank Tinggi
- Tips Memilih Domain
- Cek Page Rank Blog Anda Disini!
- Cara Cepat Update Page Rank Google
- Link Exchange
- Blogger Plagiat, Apa Kata Dunia?
- 10 Cara Ampuh Datangkan Kunjungan Ke Website Anda
- Cara Meningkatkan Traffic Blog & Jumlah Pengunjung
Info Blogger
Tutorial Blogspot
- Daftar Isi
- Tips dan Trik Berjualan di Internet
- Kumpulan Blog/Website Dofollow Page Rank Tinggi
- Tips Memilih Domain
- Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
- Cek Page Rank Blog Anda Disini!
- Cara Cepat Update Page Rank Google
- Link Exchange
- 10 Cara Ampuh Datangkan Kunjungan Ke Website Anda
- Cara Meningkatkan Traffic Blog & Jumlah Pengunjung
{ 3 komentar... read them below or add one }
saya sudah beberapa kali bermasalkah dengan hosting ! dari sampai akun down sampai di disable oleh pihak hosting
makasih tipsnya gan !
keren tipsnya, bisa jadi masukan buat ane :D
Posting Komentar