Tips memilih Webhosting Provider

Dikirim Oleh: Unknown on Rabu, 04 Juli 2012

Memilih penyedia hosting di Indonesia memang merupakan hal yang perlu dilakukan degan hati-hati karena menyangkut kelangsungan hidup web anda.  Apalagi dengan banyaknya webhosting provider  di Indonesia saat ini. Hal tersebut membuat daftar pilihan anda semakin panjang. Namun, dilain pihak, kita juga jadi memiliki keleluasaan untuk menentukan pilihan atas penyedia layanan hosting yang kita inginkan.


Berikut tips memilih webhosting provider di Indonesia:

   1)  Support penyedia  layanan hosting
Support merupakan hal terpenting dalam sebuah layanan webhosting terutama di Indonesia. Sebab, apabila support susah dihubungi, respon lambat, dll akan menyulitkan klien bila sedang menghadapi masalah. Hindari webhosting yang support hanya melalui HP saja, sebab bisa jadi hanya 1 orang saja yang mengelola hosting. Kecuali hosting yang bersangkutan menyediakan juga nomor telepon perusahaan/kantor. Cari penyedia webhosting yang menyediakan akses support sebanyak mungkin spt: nomor telepon kantor, layanan messenger (YM, Google Talk, dll dan jangan lupa perhatikan kredibilitasnya dalam arti sering online atau tidak) dan yang lebih penting lgi coba melakukan kontak dengan penyedia hosting tsb dan cek respon timenya.

   2) Perhatikan jenis layanan yang diberikan
Hal ini sangat penting karena umumnya service yang diberikan sangat bervariasi. Beberapa parameter pentung dalam memilih service yang diberikan antara lain:
a)      Support bahasa pemrograman (PHP, ASP, dll).
b)      Database yang disediakan ( MySQL, PostGRESQL, dll).
c)       Ketersediaan layanan e-mail.
d)      Ukuran space hardisk.
e)      Bandwidth.
f)       Parking domain.
g)      Sub domain
h)      Installer aplikasi (Fantastico atau Softaculous)
Jangan lupa perhatikan batasan/limit service yang diberikan spt limit user database, limit bandwidth, limit user e-mail, dll. Sebagai saran, hindari sebisa mungkin penyedia hosting yang memberikan layanan unlimited karena akan menghabiskan bandwidth dan resource server bagi keseluruhan user.

   3) Pilih webhosting Indonesia yang mempunyai lokasi k`ntor tetap dan berbadan hukun tetap.
Kalau perlu, datang langsung ke lokasi untuk mengetahui keberadaannya atau minimal, l`kukan kontak dengan support dan tanyakan lokasi kantornya.

   4)  Lihat dan cek pengalaman perusahaan tsb dalam mengelola hosting.
Semakin berpangalaman sebuah perusahaan penyedia jasa hosting, maka umumnya supportnya semakin baik. Namun hal ini juga ada dampak negatifnya yaitu semakin laku sebuah jasa penyedia jasa hosting, semakin banyak pula pengguna salam sebuah servernya dan akan berdampak pada respon server. Mintalah pada penyedia server untuk meletakkan hosting di server yang masih rendah traffiknya.
   5) Cek spesifikasi server, stabilitas server, dan koneksi server yang digunakan.

   6) Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klien atau atas nama webhosting yang bersangkutan.
Hal ini perlu untuk memberi keleluasaan klien dalam memanage domainnya sendiri. Atau jika masih menggunakan nama webhosting yang bersangkutan, maka pastikan mereka bersedia mengubah menjadi nama anda. Serta lakukan pergantian username dan password secepatnya setelah hosting anda siap.

   7) Back up, back up, dan back up!
Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa data anda aman. Cek jadwal back up hosting anda dan jangan lupa lakukan back up anda sendiri.

   8) Program promo
Hal in juga penting. Dengan adanya program promo bisa menghemat biaya. Namun perhatikan, sebaiknya jangan mengambil penyedia layanan hosting yang sering melakukan promo. Jangan-jangan harga aslinya memang kemahalan...

   9) Pastikan bebas masalah!

  10) Bandingkan paket yang disediakan.
Hal ini cukup menyebalkan memang. Tapi, ini juga perlu dilakukan. Pertama, bandingkan space dan bandwidth nya, dan kalau perlu konversi ke satuan yang sama, karena masing-m`sing layanan hosting tersebut pasti memiliki paket yang berlainan. Setelah itu, bandingkan servicenya.

  11) Sesuaikan harga dengan budget yang anda miliki.

  12) Pembayaran.
Pilih yang menyediakan pembayaran melalui berbagai bank terutama bank besar spt Bank BCA dan Mandiri serta kalau ada pelayanan online spt PayPal. Jangan lupa bahwa akan lebih baik jika support juga bank yang anda miliki atau paling tidakpastikan mereka memiliki prosedural untuk menerima pembayaran dari bak lain.

  13) Lihat testimonial
Meski cenderung hanya menampilkan testimoni yang positif, paling tidak dari testimonial anda bisa melihat seberapa puas pelanggan hosting tsb.

Info Page Load Timer

Share on :


Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Tips memilih Webhosting Provider dan anda bisa menemukan artikel Tips memilih Webhosting Provider ini dengan url http://info-aktual-komputer.blogspot.com/2012/07/tips-memilih-webhosting-provider.html, anda boleh menyebar luaskannya jika artikel Tips memilih Webhosting Provider ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips memilih Webhosting Provider ini dan mengganti bahasa, dan judul dari artikel ini.

{ 3 komentar... read them below or add one }

miftakhulirfan mengatakan...

saya sudah beberapa kali bermasalkah dengan hosting ! dari sampai akun down sampai di disable oleh pihak hosting

recky dj mengatakan...

makasih tipsnya gan !

web hosting mengatakan...

keren tipsnya, bisa jadi masukan buat ane :D

Posting Komentar